PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DI TK SUNSHINE KALASAN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan kurikulum berbasis Multiple Intelligence di TK
Sunshine Kalasan Sleman. Pendekatannya adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi yang dianalisis menggunakan model
analisis interaktif. Lalu diuji keabsahannya melalui ketekunan pengamatan serta triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum berbasis Multiple Intelligence di TK Sunshine
meliputi (1) perencanaan pembelajaran terdiri prosem, RKM, dan RKH yang di dalamnya terdapat
indikator dari masing-masing kecerdasan jamak, (2) pelaksanaan pembelajaran berupa pra ATP dan ATP,
kegiatan awal berupa berdoa, greeting circle, dan apersepsi, kegiatan inti berupa tiga kegiatan berbeda,
istirahat terdiri dari makan bersama dan bermain bebas, dan kegiatan akhir berupa refleksi kegiatan,
penyampaian pesan, dan berdoa, (3) evaluasi pembelajaran yaitu evaluasi harian berupa penilaian
langsung dengan rewards dan penilaian tertulis sesuai dengan indikator kecerdasan yang dikembangkan,
evaluasi mingguan, laporan perkembangan bulanan sesuai kecerdasan dan tema, dan laporan
perkembangan semester sesuai dengan dinas, serta (4) faktor penghambat berupa kurangnya kedisiplinan
guru dalam menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran serta faktor pendukung berupa sarana prasarana
dan dukungan orangtua.
Kata kunci: kurikulum, Multiple Intelligence, TK Sunshine
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.