PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAUHID DI TK KHALIFAH WIROBRAJAN

Vera Sholeha,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tauhid di TK Khalifah
Wirobrajan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan model analisis interaktif.
Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tauhid
di TK Khalifah Wirobrajan meliputi (1) perencanaan pembelajaran yaitu: mengembangkan kurikulum
pembelajaran dengan mengganti aspek nilai agama dan moral menjadi aspek tauhid dan pembiasaan tauhid;
pembelajaran tauhid yang direncanakan mengandung 3 nilai tauhid yaitu beriman kepada rububiyah Allah, beriman
kepada uluhiyah Allah serta beriman kepada asma’ dan sifat Allah; (2) pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan
pra pembelajaran, kegiatan awal, kegiatan inti, istirahat, kegiatan penutup dan kegiatan pasca pembelajaran;
masing-masing kegiatan mengandung nilai tauhid; (3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan melalui daily report,
middle report dan raport semester serta program tindak lanjut berupa home visit; (4) faktor pendukung meliputi
lingkungan sekolah, pendidik yang berkompeten, media pembelajaran dan sarana prasarana sekolah, serta faktor
penghambat yaitu belum menerapkan nilai beriman kepada wujud Allah, masalah waktu pelaksanaan pembelajaran
dan kurangnya kesadaran orang tua dalam menerapkan pembelajaran tauhid pada anak.

Kata kunci: pembelajaran anak usia dini, pembelajaran tauhid


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.