PENERAPAN METODE PROYEK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH CITTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode proyek dalam pembelajaran daring
(dalam jaringan) pada masa pandemic COVID-19 di Lab School Rumah Citta Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan metode proyek pada pembelajaran kelompok B di Lab School Rumah Citta meliputi (1) Rancangan
metode proyek dalam pembelajaran daring yaitu: Fase 1 (Persiapan) meliputi pemilihan tema, menentukan tema
dengan cara voting; Fase 2 (Mencari Informasi) meliputi penyampaian materi dari guru dengan powerpoint; Fase 3
(Evaluasi) meliputi pembuatan dan presentasi hasil proyek (2) Pelaksanaan pembelajaran daring yang terdiri dari:
kegiatan pembuka, Kegiatan inti, teknik/tampilan dan evaluasi dan (3) Peran guru sebagai fasilitator bagi anak serta
kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring dengan metode proyek.
Kata Kunci: metode proyek, pembelajaran TK, Kelompok B
(dalam jaringan) pada masa pandemic COVID-19 di Lab School Rumah Citta Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan metode proyek pada pembelajaran kelompok B di Lab School Rumah Citta meliputi (1) Rancangan
metode proyek dalam pembelajaran daring yaitu: Fase 1 (Persiapan) meliputi pemilihan tema, menentukan tema
dengan cara voting; Fase 2 (Mencari Informasi) meliputi penyampaian materi dari guru dengan powerpoint; Fase 3
(Evaluasi) meliputi pembuatan dan presentasi hasil proyek (2) Pelaksanaan pembelajaran daring yang terdiri dari:
kegiatan pembuka, Kegiatan inti, teknik/tampilan dan evaluasi dan (3) Peran guru sebagai fasilitator bagi anak serta
kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring dengan metode proyek.
Kata Kunci: metode proyek, pembelajaran TK, Kelompok B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.