PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA SELAMA BELAJAR DI RUMAH TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK

Aldilla Romeina Madini,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua selama BDR terhadap
kedisiplinan anak usia 5-6 tahun Se-Gugus Anggrek Kecamatan Gombong. Metode penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa usia 5-6 tahun se-Gugus Anggrek, Kecamatan
Gombong sebanyak 183 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 27 orang dengan teknik random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) Pola asuh orang tua di Gugus Anggrek Kecamatan Gombong bervariatif,
sebanyak (31,7%) siswa memiliki orang tua berpola asuh otoriter, (33,4%) siswa memiliki orang tua berpola asuh
demokratis, dan (34,9%) siswa memiliki orang tua berpola asuh permisif. (2) Kedisiplinan anak usia 5-6 tahun seGugus

Anggrek sebanyak (20,2%) siswa dengan kedisiplinan tinggi, (51,9%) siswa dengan kedisiplinan sedang,
dan (27,9%) siswa dengan kedisiplinan yang rendah.  (3) a. Pola asuh otoriter dapat membuat anak lebih disiplin
daripada pola asuh demokratis. b. Pola asuh otoriter dapat membuat anak lebih disiplin daripada pola asuh permisif.
c. Pola asuh demokratis dapat membuat anak lebih disiplin daripada pola asuh permisif.

Kata kunci: pola asuh orang tua, belajar di rumah, kedisiplinan anak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.