PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI BERBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA ANAK KELOMPOK A2 TK PEDAGOGIA YOGYAKARTA

Rahma Kun Nur A’ini,

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok A2 TK Pedagogia Yogyakarta melalui media buku cerita, boneka tangan, dan panggung boneka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian bertempat di TK Pedagogia Yogyakarta. Subjek  penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK Pedagogia Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: 1) Langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bercerita adalah melakukan apersepsi, guru membuat aturan main dan memulai bercerita, memberikan pertanyaan kepada anak serta memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan kembali isi cerita dan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan; 2) Kemampuan bercerita meningkat dari persentase rata-rata pada Pra Siklus sebesar 41% menjadi 61 % pada Siklus I dan kembali meningkat pada Siklus II sebesar 77% dengan kategori baik.

 

Kata kunci: Kemampuan Bercerita, Media Pembelajaran, Anak Usia 4-5 Tahun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.