IMPLEMENTASI KEGIATAN HIZBUL WATHAN KIDS PADA ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH INSAN RABBANI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan Hizbul Wathan Kids pada anak
usia dini di TK ‘Aisyiyah Insan Rabbani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskripstif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina Hizbul Wathan Kids, dan guru kelas B. Objek
penelitian ini adalah implementasi kegiatan Hizbul Wathan Kids. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan
studi dokumentasi. Teknik analisis pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian
implementasi Hizbul Wathan Kids dilakukan dengan: 1)Tahap perencanaan meliputi penyusunan Program Tahunan,
Rencana Kerja Tahunan, dan jadwal pelaksanaan; 2)Pelaksanaan meliputi pembukaan, kegiatan inti, dan penutup;
3)Evaluasi dilakukan setelah kegiatan berlangsung, evaluasi bulanan dan semesteran. Materi meliputi pengenalan
Hizbul Wathan; kegiatan kelompok; dan kegiatan keagamaan. Faktor pendukung yaitu; tersedianya sarana dan
prasarana; inovasi guru; adanya dukungan guru, orangtua, dan masyarakat. Faktor penghambat yaitu belum
berkompetennya guru terkait materi Hizbul Wathan Kids. Perkembangan yang distimulasi dalam kegiatan Hizbul
Wathan Kids yaitu kemandirian, kerjasama, kedisiplinan, dan tanggungjawab.
Kata Kunci: Hizbul Wathan Kids, Anak Usia Dini, TK ‘Aisyiyah Insan Rabbani
usia dini di TK ‘Aisyiyah Insan Rabbani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskripstif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina Hizbul Wathan Kids, dan guru kelas B. Objek
penelitian ini adalah implementasi kegiatan Hizbul Wathan Kids. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan
studi dokumentasi. Teknik analisis pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian
implementasi Hizbul Wathan Kids dilakukan dengan: 1)Tahap perencanaan meliputi penyusunan Program Tahunan,
Rencana Kerja Tahunan, dan jadwal pelaksanaan; 2)Pelaksanaan meliputi pembukaan, kegiatan inti, dan penutup;
3)Evaluasi dilakukan setelah kegiatan berlangsung, evaluasi bulanan dan semesteran. Materi meliputi pengenalan
Hizbul Wathan; kegiatan kelompok; dan kegiatan keagamaan. Faktor pendukung yaitu; tersedianya sarana dan
prasarana; inovasi guru; adanya dukungan guru, orangtua, dan masyarakat. Faktor penghambat yaitu belum
berkompetennya guru terkait materi Hizbul Wathan Kids. Perkembangan yang distimulasi dalam kegiatan Hizbul
Wathan Kids yaitu kemandirian, kerjasama, kedisiplinan, dan tanggungjawab.
Kata Kunci: Hizbul Wathan Kids, Anak Usia Dini, TK ‘Aisyiyah Insan Rabbani
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.