PENERAPAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI KELOMPOK B 2 TK NDASARI BUDI KRAPYAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan budi pekerti di kelompok B 2 TK
Ndasari Budi Krapyak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 9 nilai-nilai
budi pekerti yang ditanamkan. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun RPPM. Strategi yang
digunakan berupa pembelajaran langsung melalui RPPM dan strategi tidak langsung melalui kegiatan sehari-hari
berupa pembiasaan dirumah. Metode pembelajaran yang digunakan berupa pengkondisian lingkungan, bernyanyi,
bercakap-cakap, bercerita/main peran (pentas seni), pemberian contoh, perintah/teguran, praktek langsung,
pembiasaan dan pemberian tugas. Penilaian dilakukan dengan dokumentasi kegiatan yang dilaksanakan dirumah.
Orangtua mempunyai peran yang sangat penting dalam proses penanaman nilai budi pekerti.
Kata kunci: Pendidikan budi pekerti, TK Ndasari Budi Krapyak
Ndasari Budi Krapyak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 9 nilai-nilai
budi pekerti yang ditanamkan. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun RPPM. Strategi yang
digunakan berupa pembelajaran langsung melalui RPPM dan strategi tidak langsung melalui kegiatan sehari-hari
berupa pembiasaan dirumah. Metode pembelajaran yang digunakan berupa pengkondisian lingkungan, bernyanyi,
bercakap-cakap, bercerita/main peran (pentas seni), pemberian contoh, perintah/teguran, praktek langsung,
pembiasaan dan pemberian tugas. Penilaian dilakukan dengan dokumentasi kegiatan yang dilaksanakan dirumah.
Orangtua mempunyai peran yang sangat penting dalam proses penanaman nilai budi pekerti.
Kata kunci: Pendidikan budi pekerti, TK Ndasari Budi Krapyak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.