PENERAPAN KONTRAK BELAJAR ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PAUD JOGJA GREEN SCHOOL

Yulinda Septia Amini,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kontrak belajar anak  usia 4-6 tahun di PAUD
Jogja Green School. Kontrak belajar dalam penelitian ini merupakan kesepakatan bersama yang telah disetujui oleh
guru dan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dilakukan di PAUD Jogja Green
School. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, 2 guru dan 4 orangtua anak. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Intrumen pengambilan data pada penelitian ini adalah
panduan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis
interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerrapan kontrak belajar di PAUD Jogja Green
School sudah ada sejak berdirinya sekolah tersebut. Dalam penerapannya kontrak belajar ini dapat menumbuhkan
dan meningkatkan perkembangan perilaku pada anak, yang paling terlihat adalah sikap disiplin. Dalam penelitian
ini dengan diberlakukannya kontrak belajar anak mampu bertanggungjawab atas dirinya sendiri, orang lain dan
juga lingkungan, serta dapat menghargai orang lain.  

Kata kunci: kontrak belajar, disiplin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.