IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MASJID SYUHADA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia 4-5
tahun di TK Masjid Syuhada Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian bertempat di TK Masjid Syuhada Kotabaru, Gondokusuman,
Yogyakarta. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah dan empat guru kelas kelompok A. Teknik pengumpulan data
yaitu wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data
dianalisis menggunakan model analisis data yaitu data condensation, data display, dan conclusion
drawing/verification. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: 1) Perencanaan pendidikan karakter di TK Masjid
Syuhada dilakukan dengan memilih nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan 2) Implementasi pendidikan
karakter menggunakan metode bercerita, diskusi, keteladanan, dan bermain peran; 3) Evaluasi pelaksanaan
pendidikan karakter diperoleh beberapa faktor yang mendukung yaitu sarana dan prasarana yang memadai, peran
guru yang kompeten, keteladanan, program yang jelas, dan kerja sama.
Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, TK Masjid Syuhada
tahun di TK Masjid Syuhada Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian bertempat di TK Masjid Syuhada Kotabaru, Gondokusuman,
Yogyakarta. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah dan empat guru kelas kelompok A. Teknik pengumpulan data
yaitu wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data
dianalisis menggunakan model analisis data yaitu data condensation, data display, dan conclusion
drawing/verification. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: 1) Perencanaan pendidikan karakter di TK Masjid
Syuhada dilakukan dengan memilih nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan 2) Implementasi pendidikan
karakter menggunakan metode bercerita, diskusi, keteladanan, dan bermain peran; 3) Evaluasi pelaksanaan
pendidikan karakter diperoleh beberapa faktor yang mendukung yaitu sarana dan prasarana yang memadai, peran
guru yang kompeten, keteladanan, program yang jelas, dan kerja sama.
Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, TK Masjid Syuhada
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.