IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MASJID SYUHADA

Sekar Wiyarti,

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia 4-5
tahun di TK Masjid Syuhada Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian bertempat di TK Masjid Syuhada Kotabaru, Gondokusuman,
Yogyakarta. Subjek  penelitian ini ialah kepala sekolah dan empat guru kelas kelompok A. Teknik pengumpulan data
yaitu wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data
dianalisis menggunakan model  analisis data yaitu data condensation, data display, dan  conclusion
drawing/verification. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: 1) Perencanaan pendidikan karakter di TK Masjid
Syuhada dilakukan dengan memilih nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan 2) Implementasi pendidikan
karakter menggunakan  metode bercerita, diskusi, keteladanan, dan bermain peran; 3) Evaluasi pelaksanaan
pendidikan karakter diperoleh beberapa faktor yang mendukung yaitu sarana dan prasarana yang memadai, peran
guru yang kompeten, keteladanan, program yang jelas, dan kerja sama.
 
Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, TK Masjid Syuhada

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.