PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA KELOMPOK TK B USIA 5-6 TAHUN DI KB SURYA MARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran calistung pada kelompok TK B usia 5-6 tahun di KB Surya Marta. Hal ini dikarenakan KB Surya Marta mengajarkan pembelajaran calistung untuk mempersiapkan lulusannya masuk SD. Hal ini yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis peneitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan wali kelas TK B. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil peneitian ini menunjukan: 1) perencanaan program pembelajaran calistung dimulai dari pembuatan Prosem dan penyusunan RPP mingguan; 2) pelaksanaan pembelajaran calistung dimulai dari kegiatan pagi, inti, istirahat dan penutup. Materi yang diberikan meliputi: a) membaca, b) menulis, dan c) berhitung; 3) Evaluasi pembelajaran calistung dilakukan setiap hari dengan recalling, satu bulan sekali evaluasi anak secara menyeluruh, tiga bulan sekali dilakukan konsultasi dengan orangtua, dan enam bulan sekali dilakukan pelaporan kepada orangtua dalam bentuk raport; 4) faktor pendukung meliputi: a) tenaga pendidik yang diberikan program pengayaan, b) orangtua yang mendukung dalam pembelajaran calistung, c) fasilitas calistung yang mendukung. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu dalam pelaksanaan pembelajaran calistung; 5) respon siswa terhadap pembelajaran calistung sangat baik.
Kata kunci: Pembelajaran Calistung, KB Surya Marta
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.