IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KEMATARAMAN DI TK ABA KAUMAN

Wahyu Widayati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran ekstrakurikuler kemataraman di TK ABA Kauman Wates. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler kemataraman yang dilakukan di TK ABA Kauman Wates disusun dengan menyesuaikan buku Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Kemataraman. Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler kemataraman dilakukan selama seminggu sekali yang disesuaikan dengan tema sekolah. Evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler kemataraman melalui rapor untuk orang tua dan laporan BDR untuk dinas selama adanya covid-19. Faktor pendukung antara lain adanya dana BOP yang membantu keterlaksanaan ekstrakurikuler, pelatihan-pelatihan guru yang diadakan oleh Disdikpora, dan wali murid yang mendukung penuh. Faktor penghambat yang dirasakan seperti adanya covid-19 sehingga pembelajaran dilakukan di rumah, keterbatasan lahan dan fasilitas sekolah, banyak orang tua dan anak yang terbiasa menggunakan bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari, mood anak yang tidak stabil, dan guru harus belajar kembali mengenai materi kemataraman.

 

Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Ekstrakurikuler Kemataraman


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.