PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEOTERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap kecerdasan emosional anak usia sini di TK ABA Kuncen II Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test.Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A TK ABA Kuncen II Yogyakarta yang berjumlah 20 anak.Obyek penelitian ini adalah Kecerdasan Emosional.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan observasi, dan instrument yang digunakan adalah dengan lembar tes dan lembar observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung mean pre-test danmean post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian video “Diva the Series” meningkatkan kecerdasan emosional anak kelompok A TK ABA Kuncen II Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan meanpre-test dan mean post-test yang meningkat dari 19,100 menjadi 26,500. Peningkatan mean berarti kecerdasan emosional anak meningkat dengan melihat video yang diberikan.
Kata kunci: media, video, kecerdasan emosional.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.