PENGEMBANGAN MEDIA BUKU MATEMATIKA BERGAMBAR (BOOKMEB) DALAM MENGENALKAN OPERASI PENJUMLAHANPADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B

Bondan Sangaji Sugita,

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan  media  pembelajaran  buku  matematika  bergambar “Bookmeb” dalam mengenalkan operasi penjumlahan pada anak TK Taman Indria Nglampengan Dlingo Bantul. Penelitian  ini  merupakan  jenis  penelitian  pengembangan  yang  diadopsi  dari  model  pengembangan  Brog  and Galldanpeneliti hanya mengikuti 5 langkah dari 10 langkah yang ada. Langkah-langkah tersebut antara lain adalah penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal uji coba awal dan revisi produk awal.  Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba awal terhadap anak. Data yang dikumpulkan menggunakan angket validasi ahli materi dan ahli media, angket penilaian  anak,  observasi,  wawancara   singkat   dan  dokumentasi.  Data  hasil  penelitian  dianalisis  dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan  kualitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapat skor 45 (sangat baik) dan hasil validasi pertama ahli media mendapat skor 66 (sangat baik)sedangkan hasil validasi kedua mendapat skor 71 (sangat baik). Hasil uji coba lapangan awal mendapatkan jumlah rata-rata 68,11(sangat baik). Secara keseluruhan media pembelajaran buku matematika bergambar  “Bookmeb” sudah layak digunakan untuk mengenalkan operasi penjumlahan pada anak. Berdasarkan pengamatan secara langsung, media pembelajaran buku matematika bergambar “Bookmeb” dapat mempermudah anak untuk belajar matematika sederhana.

 

Kata kunci: pengembangan, bookmeb, penjumlahan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.