KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK TK KELOMPOK A DI GUGUS III PAUD KECAMATAN SLEMAN

Khoirunisa Ummi Khajar,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui banyaknya anak TK kelompok A yang mengenal huruf abjad. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi check list. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf abjad pada anak TK kelompok A di Gugus III PAUD Kecamatan Sleman pada indikator kemampuan mengenal huruf vokal sebanyak 2 anak berada pada kategori Sangat Kurang, 7 anak berada pada kategori Kurang, 10 anak berada pada kategori Cukup, 19 anak berada pada kategori Baik, dan 30 anak berada pada kategori Sangat Baik. Indikator kemampuan mengenal huruf konsonan sebanyak 15 anak berada pada kategori Sangat Kurang, 14 anak berada pada kategori Kurang, 7 anak berada pada kategori Cukup, 9 anak berada pada kategori Baik, dan 23 anak berada pada kategori Sangat Baik.

 

Kata kunci: kemampuan, mengenal huruf, anak kelompok A

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.