MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI BERMAIN ARISAN KATA DI TK ABA LABBAIK AP III NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosakata melalui metode arisan kata pada anak Kelompok A TK ABA Labbaik AP III Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DIY. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas dengan desain penelitian Kemmis & Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik daring dengan gawai sebagai media komunikasi pembelajaran dan wawancara dengan orangtua/wali serta guru kelas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal kosakata melalui metode arisan kata mengalami peningkatan. Pada tahap pratindakan sebanyak 43,18% termasuk kategori Belum Berkembang. Siklus I sebanyak 54,04% termasuk kategori Mulai Berkembang. Persentase terus meningkat pada siklus II menjadi 82,58% dengan kategori Berkembang Sangat Baik. Adapun langkah-langkah kegiatan yaitu: (1) mengenalkan materi pada anak, (2) anak mengkocok arisan kata, (3) anak membuka dan membaca indikator yang telah ia dapatkan. (4) anak melakukan kegiatan sesuai dengan indikator yang ia dapatkan.
Kata kunci: Mengenal kosakata, Metode arisan kata
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.