IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI CERITA SIRAH NABAWIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penanaman nilai agama dan moral melalui cerita sirah nabawiyah di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Kasatriyan Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: penanaman nilai agama dan moral cerita sirah nabawiyah dimulai dengan perencanaan, seperti menentukan buku yang akan digunakan, cerita yang akan disampaikan, dan waktu bercerita. Pelaksanaan kegiatan bercerita yaitu dimulai dengan iqra’, hafalan surat pendek, berdoa kemudian membaca shalawat Nabi, cerita dibacakan oleh guru kemudian guru meriview cerita, dan menyampaikan pesan moral yang ada di dalam cerita untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Guru berperan sebagai motivator, pembimbing, pendongeng dalam mengarahkan anak dalam pembelajaran nilai agama dan moral cerita sirah nabawiyah. Proses pembelajaran dengan cerita sirah nabawiyah yang dilakukan oleh guru memperoleh hasil yaitu anak memiliki akhlak mulia dan terpuji, dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk, terbiasa membaca iqra’, hafalan surat pendek, berdoa, dan membaca shalawat Nabi. Faktor pendukung yaitu buku, boneka. Faktor penghambat yaitu pendidikan orang tua tidak sesuai dengan apa yang diberikan ketika di sekolah disebabkan oleh kesibukan orang tua, kurangnya media buku yang tersedia walaupun sudah banyak tetapi masih kurang, anak yang tidak masuk sekolah, keadaan kelas yang kurang mendukung pada saat kegiatan.
Kata kunci: Penanaman Nilai Agama dan Moral, Cerita sirah Nabawiyah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.