PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS SELAMA BELAJAR DI RUMAH PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM BINA LEMBAGA MANDING BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pengembangan kreativitas selama belajar di rumah pada anak kelompok A di TK Islam Bina Lembaga Manding Bantul. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan teori dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian yaitu: (1) Perencanaan disesuikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Lampiran 3 tentang penyusunan RPPH dan ketentuan proses belajar di rumah dari Kemendikbud tahun 2020. (2) Respon anak yang berbeda-beda, ada yang senang dan antusias adapula yang cemberut. (3) Penilaian melalui hasil karya anak yang dianalisis sejauh mana keterlibatan orangtua dalam karya tersebut. (4) Peran orangtua berbeda-beda sesuai dengan latar belakang orangtua. (5) Faktor pendukung adalah HP yang ada kuotanya, bahan yang dapat disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah dan kooperatif orangtua, sedangkan faktor penghambatnya adalah orangtua yang mendominasi mengejar hasil, HP, jarak dan orangtua tidak bisa memaksa anak.
Kata Kunci: kreativitas, belajar di rumah, dan anak
Refbacks
- There are currently no refbacks.