IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BA AISYIYAH JEMAWAN I SELAMA BELAJAR DI RUMAH

Lusianti Lusianti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran nilai agama dan moral pada anak usia 4-5 tahun di BA Aisyiyah Jemawan I selama belajar di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan dimulai dengan membuat perencanaan pembelajaran harian, kemudian dikirimkan kepada orangtua melalui whatsapp group. 2) Pelaksanaan diperankan oleh orang tua dengan cara mendampingi proses kegiatan pembelajaran. 3) Evaluasi dilaksanakan melalui dokumentasi yang dilaporkan oleh orang tua di whatsapp. 4) Faktor pendukung meliputi bimbingan dari orang tua dalam penanaman nilai agama dan moral selama anak belajar di rumah, adanya media elektronik seperti handphone dan televisi. Sedangkan faktor penghambat yaitu sebagian keluarga yang tidak membiasakan penanaman nilai agama dan moral, serta perubahan suasana hati dan kurangnya semangat belajar anak.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Nilai Agama dan Moral, Belajar di Rumah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.