PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI PERMAINAN BALOK PADA ANAK DI TK PELITA SANGUBANYU KABUPATEN PURWOREJO

Dian Apriliyani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Sangubanyu melalui permainan balok. Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan anak dalam hal kreativitas masih rendah. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan sistem spiral. Subjek penelitian ini adalah 14 anak di TK Pelita Sangubanyu yang berusia 5-6 tahun terdiri dari 12 anak laki-laki, dan 2 anak perempuan. Kriteria keberhasilan dari tindakan ini adalah 83%. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan kreativitas anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil pratindakan pada kriteria Belum Berkembang terdapat 4 anak dengan persentase sebesar 36%, sementara pada kriteria Mulai Berkembang terdapat 9 anak atau sebesar 64%. Kemudian dari Siklus 1 ada 10 anak (71,43%) pada kriteria berkembang sesuai harapan dan meningkat pada Siklus II menjadi 11 anak (85,71%) pada kriteria berkembang sesuai harapan dan 2 anak (7,14%) pada kriteria berkembang sangat baik

 

Kata kunci : kreativitas, anak, permainan balok


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.