PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA POHON HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MINOMARTANI 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak di kelompok A TK Minomartani 1 melalui media pohon huruf. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas dengan model dari Kemmis & Mc Taggart, dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Subyek penelitian yakni kelompok A yang berjumlah 17 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berbentuk checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu minimal 75% dari 17 anak dapat mengenal huruf pada tingkat berkembang sangat baik (BSB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pohon huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak. Pada tahap pratindakan kemampuan mengenal huruf pada anak rata-rata sebesar 27,2% kemudian pada tahap siklus I mengalami peningkatan menjadi 51,8% dan pada tahap siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,05% sehingga melampaui kriteria keberhasilan yang diinginkan.
Kata Kunci : mengenal huruf, pohon huruf, anak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.