PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN ATURAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA BAKTI 1 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Papan Aturan yang layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian pada anak usia TK A. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall. Langkah yang dilakukan, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencana, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk utama, 6) uji coba lapangan utama, dan 7) revisi produk akhir. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Kelayakan produk didasarkan pada penilaian ahli materi, ahli media, guru dan peningkatan kemandirian anak. Data hasil angket ahli dan guru dianalisis dengan konversi skala 5. Data hasil peningkatan anak dianalisis dengan konversi skala prosentase skala 4. Hasil penilaian akhir dari ahli materi mendapat rerata skor 4,3 berkategori sangat layak, ahli media 4,6 berkategori sangat layak, dan penilaian guru 4,6 berkategori sangat layak. Hasil rerata nilai anak pada uji lapangan utama sangat baik. Sehingga media Papan Aturan yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian anak usia TK A.
Kata kunci: anak usia dini, media pembelajaran, kemandirian anak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.