PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU TIMBUL RALALI UNTUK MENGENALKAN RAMBU LALU LINTAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Syifa’ Ilvana Aulia,

Abstract


Tujuan penelitian ini dilatarbelakangi dengan keterbatasan media dpengenalan rambu lalu lintas dalam bentuk buku timbul yang praktis dan memiliki nilai edukatif untuk anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku timbul RALALI yang baik dan layak untuk anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model pengembangan Borg and Gall (1989) yang meliputi: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk utama, 6) uji coba lapangan utama, dan 7) revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah 35 anak kelompok B di tiga TK diantaranya TK Insan Mulia Panggungharjo, TK ABA Dukuh Yogyakarta, dan TK Putra Surya Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk validasi ahli materi dan ahli media, observasi, dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik kuantitatif ke kualitatif untuk memperoleh gambaran tentang kondisi dan situasi kegiatan pembelajaran di TK. Hasil penilaian akhir ahli media dan ahli materi diperoleh skor rata-rata 4,625 dengan kategori “baik” serta dalam uji coba lapangan diperoleh skor rata-rata 4,72 dengan kategori “baik”. Sehingga media RALALI dapat dinyatakan layak dan baik atau dapat digunakan guru dalam penyampaian materi di kelas serta dapat menjadi alternatif media pembelajaran dalam mengenalkan rambu lalu lintas pada anak kelompok B usia 5-6 tahun.

 

Kata kunci: rambu lalu lintas, media pembelajaran, anak TK B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.