MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA NGENTAK SELOHARJO PUNDONG BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Kelompok B TK ABA Ngentak melalui media flash card. Adapun komponen kemampuan membaca permulaan yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu membaca permulaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Tempat penelitian di kelompok B TK ABA Ngentak. Subjek penelitian ini berjumlah 18 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianggap berhasil jika persentase nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK ABA Ngentak minimal 80%. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dapat meningkat melalui media flash card, yang dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) guru menyusun media flash card kemudian dipegang setinggi dada dan menghadap ke anak, 2) guru menerangkan dan membacakan satu per satu flash card tersebut secara cepat dalam waktu 1-5 detik, 3) kemudian guru memberikan tugas kepada anak yaitu menunjukkan media flash card yang mempunyai huruf awal yang sama seperti yang ditunjukkan guru, dan membaca gabungan suku kata pada media flash card. Peningkatan dapat dilihat dari hasil Pra Tindakan sebesar 25,69%, meningkat pada Siklus I sebesar 45,13%, dan menjadi 81,94% pada Siklus II.
Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media flash card, anak kelompok B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.