TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK GUGUS III SE-KECAMATAN KARANGANYAR

Rizqi Mei Cahyani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Gugus III se-Kecamatan Karanganyar. Desain penelitian ini menggunakan jenis Deskriptif Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah anak TK kelompok B di gugus III kecamatan Karanganyar dengan jumlah siswa 244 anak. Sampel yang digunakan penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu kelompok siswa yang telah terbentuk tanpa ada campur tangan peneliti atau TK yang sudah terbentuk di Gugus tersebut maka TK yang diambil untuk dijadikan sampel yaitu TK Pertiwi II Gayamdompo, TK Pertiwi Bejen, TK Aisyiyah Ngernak, dan TK Penda Ringin Asri dengan jumlah siswa sebanyak 117 anak. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian perkembangan motorik halus anak TK kelompok B di gugus III kecamatan Karanganyar secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kriteria pada kegiatan meronce, menggunting, mewarnai dan menempel sebagian besar telah berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) atau berada pada kategori Tinggi yang rentang nilainya 51-75%. Hal ini dapat dilihat pada analisis pengolahan data yaitu pada kegiatan meronce dengan jumlah anak 62 atau sebesar 52,99% berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan), pada kegiatan menggunting yaitu dengan jumlah anak 71 atau sebesar 60,68% berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan), pada kegiatan mewarnai yaitu dengan jumlah anak 71 atau sebesar 60,68% berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada kegiatan menempel yaitu dengan jumlah anak 65 atau sebesar 55,55% berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan).

 

Kata kunci: motorik halus, meronce, menggunting, mewarnai dan menempel.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.