PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI EKSPERIMEN WARNA DI TK BUDI PEKERTI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Anisa Fifi Kurniasari,

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui eksperimen warna pada anak usia 4-5 tahun di TK Budi Pekerti Mlati Sleman, Yogyakarta. Penggunaan eksperimen warna adalah memberikan kesempatan pada anak untuk terlibat secara langsung sehingga anak dapat memahami secara setiap pembelajaran yang diperolehnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model kemmis & Mc Taggart. Tempat penelitian di kelompok A TK Budi Pekerti Mlati Sleman, Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal warna meningkat melalui eksperimen warna. Adapun langkah-langkah penerapan eksperimen warna: 1) Guru menjelaskan alat dan bahan; 2) Guru mengajak anak-anak untuk memprediksi perubahan warna dari percobaan yang akan dilakukan; 3) Guru menjelaskan tentang pelaksanaan percobaan yang disertai langkah-langkah; 4) Guru menyampaikan kepada anak hal apa saja yang akan diamati saat melakukan percobaan; 5) Masing- masing anak melakukan percobaan sendiri dengan membuktikan kebenaran dari prediksi; 6) Guru melakukan pengawasan dalam proses eksperimen warna dan menilai anak; 7) Guru memberikan penguatan dan pemahaman tentang warna. Peningkatan dapat dilihat dari hasil pratindakan sebesar 13.33%, meningkat pada Siklus I menjadi 73.33%, dan menjadi 100.00% pada Siklus II.

 

Kata kunci: Kognitif, eksperimen warna, anak usia dini


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.