IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B KB KARIMA SALAMA PRAMBANAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran motorik halus. Fokus penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi hasil motorik halus. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian meliputi dua guru kelas, kepala sekolah dan siswa kelompok B dengan rentang usia 5-6 tahun yang berjumlah enam belas anak. Objek penelitian yakni pelaksanaan pembelajaran motorik halus anak kelompok B KB Karima Salama Prambanan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif sesuai dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran di KB Karima Salama menggunakan kurikulum 2013. Guru memasukkan kegiatan pembelajaran motorik halus dalam rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPH) kemudian disusun dalam rencana pembelajaran harian (RPPH). Pelaksanaan kegiatan pembelajaran motorik halus dilaksanakan setiap hari dengan menggunakan berbagai media yang disesuaikan dengan tema. Pembelajaran dilaksanakan secara klasikal kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok dibimbing dan diawasi oleh satu orang guru. Guru dalam tahap evaluasi yaitu dengan menilai setiap aktivitas dan kegiatan anak dengan menggunakan tiga metode penilaian yaitu penilaian harian dan bulanan berupa catatan anekdot, hasil karya, dan skala capaian yang kemudian disusun dalam laporan perkembangan anak. Laporan perkembangan anak akan diberikan kepada orang tua pada pertengahan semester dan setiap semester.
Kata kunci : pembelajaran, motorik halus
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.