METODE PEMBIASAAN DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A DI TK JOGJA KIDS PARK CONDONGCATUR

Atas Bening Prabawati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembiasaan dalam pengembangan kemandirian anak kelompok A di TK Jogja Kids Park Yogyakarta. Pembiasaan yang dimaksud mengenai perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi atau penilaian, faktor penghambat, dan fakor pendukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini seluruh warga sekolah TK Jogja Kids Park. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan direduksi sesuai dengan teknik interaktif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) Guru membuat rencana pembelajaran pada saat rapat setiap awal tahun yang didalamnya secara implisit terdapat stimulasi pembiasaan kemandirian anak 2) Pelaksanaan pembiasaan dalam pengembangan kemandirian anak dilakukan melalui kegiatan rutin dan spontan, 3) Penilaian dilakukan dengan pengamatan mengenai kemandirian anak yang kemudian diakumulasikan dalam catatan anekdot, penilaian harian, dan raport, 4) Faktor penghambat yaitu kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua kebiasaan di rumah yang berbeda sedangkan faktor pendukung yaitu ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan pengajar yang sesuai dengan bidangnya.

 

Kata kunci : pembiasaan, kemandirian, anak kelompok A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.