UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI MEDIA PUZZLE HURUF PADA ANAK KELOMPOK A TK MINOMARTANI 1 KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui media puzzle huruf anak Kelompok A TK Minomartani 1 Ngaglik, Sleman. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian 20 anak Kelompok A TK Minomartani 1 terdiri dari 9 laki- laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan panduan observasi dan lembar observasi berbentuk checklist. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian apabila 80% dari jumlah anak mencapai kriteria berkembang sangat baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan anak Kelompok A TK Minomartani 1 dalam mengenal lambang huruf meningkat menggunakan media puzzle huruf. Hasil Pratindakan sebesar 0% dari jumlah seluruh anak berada pada kriteria BSB. Pada Siklus I persentase sebesar 40% dari jumlah seluruh anak berada pada kriteria BSB. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan kegiatan menggunakan puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf pada anak Kelompok A TK Minomartani 1 Ngaglik, Sleman.
Kata kunci: kemampuan mengenal lambang huruf, puzzle huruf, kelompok A
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.