STUDI KASUS PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS KELOMPOK A DI TK ABA WONOPETI KECAMATAN GALUR KULON PROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran motorik halus kelompok A di TK ABA Wonopeti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok A yang berusia 4-5 tahun di TK ABA Wonopeti yang berjumlah 16 anak, terdiri dari 11 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah pembelajaran motorik halus kelompok A. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus tunggal. Hasil penelitian ini mendeskripsikan perencanaan pembelajaran TK ABA Wonopeti hanya menggunakan RPPH. Persiapan media dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan kegiatan dapat berubah sesuai dengan kehendak guru yang terkadang tidak mengacu pada RPPH yang sudah dibuat. Media yang digunakan belum terpusat pada anak seperti penggunaan lem kayu sebagai perekat, penggunaan kertas HVS sebagai pengganti kertas origami. Hasil penelitian ini juga menunjukkan minimnya evaluasi yang dilakukan oleh TK ABA Wonopeti. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran motorik halus kelompok A di TK ABA Wonopeti belum ada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran belum mengacu pada perencanaan.
Kata kunci: pembelajaran, motorik halus, anak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.