PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI SEKOLAH DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA

Nur Chosiyah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku disiplin anak dalam kegiatan rutin di sekolah ditinjau dari pola asuh orangtua di TK Dharma Bakti IV Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian anak usia 4-6 tahun yang berjumlah 48 anak beserta orangtuanya. Penelitian dilaksanakan di TK Dharma Bakti IV Ngebel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dan lembar observasi. Hasil validitas instrumen diperoleh 30 butir yang valid dari total 65 butir, reliabilitas instrumen menunjukkan angka 0,726 sehingga dapat dikatakan bahwa instrumen reliabel. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan anak yang diasuh dengan pola asuh otoriter menunjukkan perilaku disiplin yang sangat tinggi, anak yang diasuh dengan pola asuh permisif menunjukkan perilaku disiplin tinggi dan anak yang diasuh dengan pola asuh demokraris menunjukkan perilaku disiplin tinggi. Selain pola asuh terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi disiplin diantaranya yaitu keadaan psikologis anak, kompetensi guru, dan lingkungan.

 

Kata kunci: perilaku disiplin, anak usia 4-6 tahun, pola asuh


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.