PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHARGAI ORANG LAIN PADA ANAK TK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menghargai orang lain pada anak TK. Metode bercerita dipilih karena melalui bercerita guru dapat menyelipkan nilai moral, sosial, agama, dan budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre test and post test. Subjek penelitian merupakan seluruh anak kelompok B TK Bhakti Siwi yang berjumlah 23 anak. Data penelitian diambil melalui observasi terhadap perilaku anak dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan membandingkan skor pre test dan skor post test. Hasil penelitian ini yaitu: metode bercerita terbukti berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan menghargai orang lain pada anak kelas B TK Bhakti Siwi. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Wilcoxon yang menunjukan asymp. sig <0.005. Besarnya peningkatan sebesar 10% dilihat dari selisih skor pre test yaitu 58% dan skor post test sebesar 68%.
Kata kunci: anak usia dini, metode bercerita, kemampuan menghargai orang lain.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.