KEMITRAAN ANTARA ORANGTUA DENGAN SEKOLAH DI TK AL I’DAD AN-NUUR CAHAYA UMAT TRIHARJO SLEMAN
Abstract
Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini meliputi guru, komite sekolah, wali murid, dan juga kepala sekolah di TK Al’ Idad An-Nuur Kecamatan Triharjo Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Bentuk kemitaan di TK Al I’dad Annur mencakup keseluruhan bentuk kemitraan yakni, komunikasi, volunteer, keterlibatan orangtua dalam pembelajaran anak di rumah, pengambilan keputusan, dan kolaborasi dengan kelompok masyarakat sekitar, 2) Peran sekolah dalam kemitraan ialah merencanakan, memberikan informasi dan melakukan evaluasi terkait program kemitraan. Adapun peran orangtua disini ialah salah satunya sebagai pendukung, yakni sebagai guru (magang orangtua), 3) Upaya yang dilakukan sekolah ialah menciptakan kenyamanan bagi orangtua untuk terlibat dalam segala macam kegiatan yang di selenggarakan oleh pihak sekolah, memberikan kepercayaan, menjalin komunikasi, melakukan berbagai pendekatan, serta selalu menginfokan kegiatan harian melaui buku penghubung, 4) Manfaat kemitraan dapat dirasakan berbagai pihak yang terlibat yaitu bagi sekolah dan bagi orangtua.
Kata kunci: kemitraan orangtua dan sekolah, Taman Kanak-Kanak (TK)
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.