PENERAPAN BERCERITA GURU PADA ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUS UTARA KECAMATAN WIROBRAJAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bercerita guru pada anak Kelompok B di TK Gugus Utara Kecamatan Wirobrajan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 9 guru Kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan kegiatan bercerita guru Kelompok B di TK Gugus Utara Kecamatan Wirobrajan, yaitu: : 1) guru sudah mengucapkan bunyi bahasa secara tepat dan menggunakan pemilihan kata yang dapat dipahami oleh anak, 2) guru menggunakan tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari anak, 3) guru menggunakan kalimat pembuka yang menarik, dan di akhir cerita selalu menyampaikan pesan moral, 4) faktor pendukung yakni masing-masing TK sudah menyediakan buku cerita, boneka dan laptop. Faktor penghambat yaitu: faktor usia guru, dan kesulitan guru dalam menerapkan teknik bercerita.
Kata kunci: kegiatan bercerita, guru kelompok B, taman Kanak-kanak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.