STUDI KEMAMPUAN GURU DALAM PENANAMAN MATERI AGAMA ISLAM UNTUK ANAK DI TK ABA SUTOPADAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan guru dalam penanaman materi agama Islam untuk anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Sutopadan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini kepala sekolah, guru kelas,dan guru agama pada kelompok B di TK ABA Sutopadan. Objek penelitian yaitu kemampuan guru dalam mengajarkan materi agama Islam pada anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Sutopadan telah memenuhi standar profesional guru yang mencakup kemampuan dalam menguasai standar ilmu agama Islam untuk anak usia dini, penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar materi agama Islam untuk anak usia dini, kemampuan mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif, dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Hanya saja ada satu standar yang belum dicapai secara sempurna oleh guru, yaitu dalam hal pengembangan profesionalitas diri. Hal ini dikarenakan guru tidak melakukan penelitian tindakan kelas untuk menyelesaikan hambatan yang terjadi dalam penanaman materi agama Islam untuk anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Sutopadan.
Kata kunci: kemampuan guru, materi agama islam
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.