PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN ANAK MENGENAI POLA ABCD-ABCD MELALUI MENEMPEL DI KELOMPOK B TK ABA PANDEAN SEWON BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman anak mengenai pola ABCD-ABCD melalui menempel di Kelompok B TK ABA Pandean, Sewon, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian spiral dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 anak pada Kelompok B yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan panduan observasi dan lembar observasi berbentuk check list. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika 80% dari jumlah seluruh anak berada pada kriteria berkembang sangat baik. Kondisi ini dicapai dengan melalui langkah-langkah yaitu: 1) Kegiatan menempel disesuaikan dengan tema yang dipilih. 2) Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk menempel. 3) Penggunaan benda konkret untuk mempermudah membedakan ciri warna, bentuk, dan ukuran. 4) Penjelasan cara menempel sesuai yang ditentukan, seperti berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran. 5) Pemberian 4 pola yang selanjutnya anak memprediksi pola berikutnya. Hasil Pratindakan adalah sebesar 0% dari jumlah seluruh anak pada kriteria berkembang sangat baik. Pada Siklus I sebesar 0%, pada Siklus II meningkat signifikan menjadi 65% dan pada Siklus III meningkat sebesar 85% dari jumlah seluruh anak pada kriteria berkembang sangat baik.
Kata kunci: pemahaman pola ABCD-ABCD, menempel, anak TK kelompok B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.