PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA FILM ANIMASI JAMAL LAELI DI KELOMPOK A TK ABA JATIMAS GAMPING SLEMAN

Thalia Gupitasari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui media film animasi Jamal Laeli di Kelompok A TK ABA Jatimas Gamping, Sleman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 19 anak terdiri dari 12 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Indikator keberhasilan penelitian keterampilan berbicara dengan persentase 81%. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berbicara anak dapat meningkat dilihat dari hasil Pratindakan sebesar 41,22%, kemudian pada Siklus I menjadi 53%, dan pada Siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sebesar 84%. Keterampilan berbicara dapat meningkat melalui penggunaan media film animasi Jamal Laeli, dengan langkah-langkah berikut: 1) mempersiapkan laptop, sound, proyektor, dan film yang akan ditanyangkan, 2) guru membuat aturan main sebelum menonton film, 3) anak mulai menonton film, serta menjawab pertanyaan guru dan 4) guru memberikan motivasi kepada anak ketika anak belum mampu menjawab.

 

Kata kunci: Keterampilan berbicara, media, film animasi, TK Kelompok A

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.