IDENTIFIKASI KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE PROYEK DI TK AL-I`DAD AN-NUUR SLEMAN, YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan metode proyek di TK Al-I`dad An-Nuur Sleman, Yogyakarta. Kemampuan guru yang dimaksud berupa merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran metode proyek. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik interaktif model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan metode proyek di TK Al-I`dad An-Nuur yaitu kemampuan guru dalam hal merencanakan Prosem, RPPM, RPPH, dan penilaian, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Faktor pendukung berupa fasilitas yang tersedia di TK, kerjasama orangtua wali, dan teman sejawat sedangkan faktor menghambat berupa sulitnya mendapatkan ide kegiatan metode proyek, untuk mengatasi masalah tersebut guru mencari refensi pada buku dan diskusi dengan teman.
Kata kunci: guru anak usia dini, metode proyek, anak usia dini
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.