PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI FILM ANIMASI NADASI 1 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA DADAPAN KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak di kelompok A TK ABA Dadapan Kecamatan Godean Kabupaten Sleman melalui film animasi Nadasi 1. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas dengan model dari Kemmis & Mc Taggart, dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Subyek penelitian ini kelompok A2 berjumlah 18 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berbentuk checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu minimal 70% dari 18 anak dapat mengenal huruf pada tingkat berkembang sangat baik (BSB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film animasi Nadasi 1 dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak. Pada Siklus I persentase meningkat menjadi 44%, dan persentase pada Siklus II mampu meningkat 83% sehingga melampaui kriteria keberhasilan yang diinginkan.
Kata Kunci : mengenal huruf, film animasi Nadasi 1, anak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.