MINAT LITERASI ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PIYUNGAN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat literasi anak kelompok A serta memaparkan faktor pendukung dan penghambat penumbuhan minat literasi di TK ABA Piyungan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles and Huberman. Hasil penelitian: 1) Rerata anak yang minat menyimak dan memahami bahasa lisan berjumlah 27 dari 35 anak atau 79,6 persen. 2) Rerata anak yang minat berkomunikasi terhadap gambar dan lisan berjumlah 26 dari 35 anak atau 75,3 persen. 3) Faktor pendukung penumbuhan minat yakni, memiliki tenaga pendidik professional, adanya ruang literasi, kegiatan berorientasi dibidang literasi seperti mendongeng, dan kegiatan baca tulis. 4) Faktor penghambat penumbuhan minat yakni, jumlah media terbatas seperti puzzle dan balok, belum ada ekstrakulikuler dibidang literasi dan belum ada jadwal wajib kunjung ruang literasi, serta masih ada beberapa anak yang terlambat mengikuti kegiatan literasi.
Kata Kunci: minat literasi anak kelompok A, TK ABA Piyungan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.