PENDIDIKAN KARAKTER MULIA DI TTA AL-WAHDAH SARDONOHARJO NGAGLIK SLEMAN

Khodijatunnida Khodijatunnida,

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai praktik pelaksanaan pendidikan karakter mulia di Taman Tahfidz Anak (TTA) Al-Wahdah Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di sekolah ini terangkum dalam slogan SMART yang terdiri dari sholeh, mandiri, aktif, riang, dan taqwa. 2) Proses pendidikan karakter mulia di sekolah ini melekat dalam setiap kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung, dan dilaksanakan dengan menggunakan metode pemberian materi adab, akhlak, tafsir ayat tematik, dan hadits pilihan secara khusus dan telah terjadwal; keteladanan; pemberian nasihat pada setiap kesempatan, pemberian hadiah dan hukuman, serta pembiasaan. 3) Faktor pendukung pendidikan dan penanaman karakter mulia di sekolah ini meliputi pendidik yang baik, ramah, dan berkompetensi; media pembelajaran yang beragam dan menarik; serta keterlibatan orangtua yang baik; sementara faktor penghambatnya adalah lingkungan keluarga yang
kurang kooperatif.

 

Kata Kunci: pendidikan karakter, karakter mulia, anak usia dini


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.