PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA JAGOI BABANG

Desiana Iriyanti Ramadhani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Jagoi Babang melalui kegiatan menganyam. Desain penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis & Taggart secara kolaboratif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil skor keterampilan motorik halus anak pada Pratindakan sebesar 15,38%, pada Siklus I meningkat menjadi 53,84%, serta pada Siklus II meningkat menjadi 92,3% dari jumlah anak dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Kegiatan menganyam dapat meningkatan keterampilan motorik halus dalam penelitian ini dengan tindakan meliputi: 1) penjelasan langkah-langkah dalam menganyam lebih diperjelas dengan cara anak-anak mengikuti langkah “angkat satu-turun satu, diselang-seling”; 2) bahan yang digunakan yaitu dari kertas manila pada Siklus I dan spons hati pada Siklus II; 3) keterampilan anyaman yang diberikan pada anak berupa anyaman sasak pada Siklus I dan anyaman sasak kombinasi kepar pada Siklus II; dan 4) media untuk menganyam dibentuk sesuai dengan tema.

 

Kata Kunci: keterampilan motorik halus, menganyam, anak kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.