ENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BEMO CERIA UNTUK MENGENALKAN PENGETAHUAN MORAL ANAK TK KELOMPOK B

Mufida Nur Maisaroh,

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif Bemo Ceria
(Belajar Moral Cerita Anak) untuk mengenalkan pengetahuan moral anak TK usia kelompok B. Jenis
penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg and Gall yang meliputi: 1)
penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal,
4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk utama, 6) uji coba lapangan utama, dan 7) revisi produk
akhir. Subjek penelitian ini adalah 148 anak di TK Kelompok B Gugus I Seyegan. Pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan angket untuk validasi ahli materi dan ahli media, angket penilaian
guru, observasi, dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik deskriptif
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian akhir dari ahli materi mendapat jumlah nilai 54 berkriteria
sangat baik dan penilaian ahli media memperoleh jumlah nilai 94 berkategori sangat baik. Hasil
penilaian rerata skor keseluruhan pada uji coba lapangan adalah 49,1 berkategori baik. Sehingga
multimedia Bemo Ceria yang dikembangkan layak digunakan untuk mengenalkan pengetahuan moral
pada anak usia TK B.
Kata kunci: multimedia, pengetahuan moral, anak TK B

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.