UPAYA MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA JAWA MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 1 BERAN TRIDADI SLEMAN

Novita Sari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Jawa melalui media flash card pada anak kelompok B di TK Pertiwi I Beran Tridadi Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi antara peneliti dan guru. Model penelitian yang digunakan mengadaptasi dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek yang diteliti adalah anak kelompok B yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpualan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Kriteria keberhasilan ini ini minimal 80% pada berkembang sangat baik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media flash card dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jawa krama pada anak kelompok B di TK Pertiwi I Beran. Kemampuan kosakata bahasa Jawa krama pra tindakan belum menunjukkan persentase pada kriteria berkembanag sangat baik, yaitu 0% (0 anak). Pada Siklus I menunjukkan persentase pada kriiteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 7,7% (1 anak). Pada Siklus II kriteria berkembang sangat baik mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu 92,3% (12 anak).

 

Kata Kunci: Kosakata bahasa Jawa, media flash card, Kelompok B.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.