PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI KELOMPOK B TK ABA II RANCAHWETAN SISWODIPURANBOYOLALI

Indra Widiyarti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting di Kelompok B TK ABA II Rancahwetan Siswodipuran Boyolali. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini berjumlah 11 anak. Objek penelitian adalah keterampilan motorik halus anak. Indikator keberhasilan  penelitian ini adalah minimal 80% dari jumlah anak memiliki keterampilan motorik halus dengan kriteria Berkembang Sangat Baik. Teknik analisis data menggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui finger painting. Dapat dilihat bahwa secara bertahap keterampilan motorik halus anak meningkat. Dari tahap Pratindakan yang mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik sebanyak 0 anak dengan persentase 0%. Kemudian pada Siklus I meningkat sebanyak 6 anak dengan persentase 54,54%. Selanjutnya pada Siklus II keterampilan motorik halus anak pada kriteria berkembang sangat baik sebanyak 9 anak dengan persentase 81,82%. Adapun beberapa langkah meningkatkan keterampilan motorik halus dalam kegiatan finger painting yaitu: 1) mempersiapkan alat dan bahan-bahan, 2) membagikan alat dan bahan, 3) memandu anak melakukan kegiatan finger painting.

 

Kata kunci: keterampilan motorik halus, finger painting, Anak kelas B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.