PENINGKATAN PERHATIAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG ANGREK PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK MASYITOH NDASARI BUDI KRAPYAK SEWON BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan perhatian anak melalui metode bercerita dengan wayang angkrek di Kelompok B1 TK Masyitoh nDasari Budi Krapyak Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini berjumlah 23 anak. Objek penelitian ini adalah perhatian anak. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 80% anak memiliki perhatian yang tinggi dengan kriteria berkembang sangat baik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian anak dapat meningkat melalui metode bercerita dengan wayang angkrek. Peningkatan perhatian anak ditunjukkan dengan data dari penelitian pra tindakan, di mana anak yang mencapai kriteria berkembang sangat baik sebesar 0% (0 anak), meningkat pada Siklus I menjadi 60,87% (14 anak), dan meningkat menjadi 82,61% (19 anak) pada Siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan mediaa wayang angkrek dapat meningkatkan perhatian anak.
Kata kunci: perhatian, metode bercerita, wayang angkrek, anak taman kanak-kanak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.