HUBUNGAN KETELADANAN GURU DENGAN NILAI MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK SE-GUGUS SEMBODRO

Sari Ayuning Wardhani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keteladanan guru dengan nilai-nilai moral anak usia 4-5 tahun di taman kanak-kanak se-gugus Sembodro Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi atau hubungan. Subjek penelitian ini adalah guru kelompok A dan anak usia 4-5 tahun se-gugus Sembodro Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Jumlah responden untuk variabel keteladanan guru sebanyak 13 guru sedangkan jumlah responden untuk variabel nilai-nilai moral anak sebanyak 136 anak. Hasil uji normalitas menunjukan bahwa data tidak berdistribusi normal makan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Kendall Tau. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara keteladanan guru dengan nilai-nilai moral anak usia 4-5 tahun. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,239 yang menunjukkan angka positif artinya setiap kenaikan keteladanan guru kelompok A akan diikuti nilai-nilai moral anak usia 4-5 tahun. Taraf signifikansi menunjukkan angka sebesar 0,000 atau ˂ 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara keteladanan guru kelompok A dengan nilai-nilai moral anak usia 4-5 tahun.

 

Kata kunci: keteladanan guru, nilai-nilai moral anak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.