IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DAN LINGKARAN DI TAMAN KANAK-KANAK MASJID SYUHADA KOTA BARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran sentra dan lingkaran di TK Masjid Syuhada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian kepala sekolah, 3 guru, dan 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran dilakukan dengan pembuatan program semester, RPPM, RPPH, pendidik menata alat dan bahan main yang akan digunakan, 2) pelaksanaan pembelajaran meliputi 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pengalaman sebelum main, pengalaman saat main dan pengalaman setelah main. 3) Evaluasi pembelajaran menggunakan teknik observasi, porto folio, anekdot, hasil karya dan pemberian tugas yang dirangkum dalam laporan perkembangan anak dan di laporkan setiap akhir semester. 4) Faktor pendukung meliputi a) Kemampuan guru yang memadai dalam penguasaan materi, teknik-teknik pembelajaran, b) Kerjasama dan hubungan interaksi yang terjalin baik antar guru dan warga sekolah, c) Lingkungan belajar yang mendukung kegiatan main anak. 5) Faktor penghambat meliputi: a) Guru yang tidak ingin tahu dan belajar tentunya tidak berkembang b) Kemampuan antara guru yang berbeda c) Komunikasi yang gagal
Kata Kunci: model pembelajaran sentra dan lingkaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.