PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI BENDA DENGAN MENGGUNAKAN BENDA KONKRIT PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI SPS ANGGREK KERSAN

Betty Indrawati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi melalui media benda konkret pada anak kelompok B1 di SPS Anggrek. Kemampuan klasifikasi pada penelitian ini difokuskan pada kemampuan klasifikasi 1-2 atribut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari delapan anak perempuan dan dua anak laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan klasifikasi melalui media benda konkret. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi Berikut uraian hasil peningkatan kemampuan klasifikasi pada anak kelompok B1, yaitu hasil pada pada pra tindakan persentase anak berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan sebesar 30%, pada siklus I persentase anak berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan sebesar 50%, dan pada siklus II persentase anak berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan sebesar 80%.Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa benda konkret memiliki pengaruh besar dalam pembelajaran klasifikasi pada anak kelompok B1 di SPS Anggrek.

 

 

 Kata Kunci: kemampuan klasifikasi, benda konkret, anak kelompok B1

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.