UPAYA MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK MELALUI METODE ONE DAY ONE AYAT PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK MASYITHOH AL-IMANBANDUNG JETIS PENDOWOHARJO SEWON BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat anak melalui metode One Day One Ayat di TK
Masyithoh Al-Iman Bandung Jetis Pendowoharjo Sewon Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B1 sebanyak 17 anak.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes lisan dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah lembar penilaian tes lisan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif
dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila perhitungan persentase menunjukkan 78,3% dari
17 anak memiliki daya ingat pada kriteria Tinggi (T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya ingat anak dapat
meningkat melalui metode One Day One Ayat. Hal ini dapat dibuktikan pada kondisi awal anak sebelum dilakukan
tindakan menunjukkan sebagian besar anak berada pada kriteria Rendah (R) dengan persentase 76,47%. Pada
Siklus I daya ingat anak meningkat berada pada kriteria Tinggi 23,52% anak berhasil mencapai kriteria Tinggi (T),
pada Siklus II daya ingat anak pada kriteria Tinggi (T) mengalami peningkatan dengan persentase 88,23% anak
berhasil mencapai indikator-indikator daya ingat pada kriteria Tinggi(T). Jadi daya ingat anak meningkat setelah
dilakukan tindakan. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan daya ingat anak yaitu : 1). Guru
menggunakan media dalam mengajak anak membaca dan menghafal ayat, 2).Guru mengajak anak untuk
mengulangi bacaan, 3). Guru mengajak anak bermain dan membacakan kandungan ayat dengan bercerita, 4).
Anak-anak melakukan tes hafalan maju ke depan dan pemberian reward.
Kata kunci: daya ingat, metode one day one ayat
Masyithoh Al-Iman Bandung Jetis Pendowoharjo Sewon Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B1 sebanyak 17 anak.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes lisan dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah lembar penilaian tes lisan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif
dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila perhitungan persentase menunjukkan 78,3% dari
17 anak memiliki daya ingat pada kriteria Tinggi (T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya ingat anak dapat
meningkat melalui metode One Day One Ayat. Hal ini dapat dibuktikan pada kondisi awal anak sebelum dilakukan
tindakan menunjukkan sebagian besar anak berada pada kriteria Rendah (R) dengan persentase 76,47%. Pada
Siklus I daya ingat anak meningkat berada pada kriteria Tinggi 23,52% anak berhasil mencapai kriteria Tinggi (T),
pada Siklus II daya ingat anak pada kriteria Tinggi (T) mengalami peningkatan dengan persentase 88,23% anak
berhasil mencapai indikator-indikator daya ingat pada kriteria Tinggi(T). Jadi daya ingat anak meningkat setelah
dilakukan tindakan. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan daya ingat anak yaitu : 1). Guru
menggunakan media dalam mengajak anak membaca dan menghafal ayat, 2).Guru mengajak anak untuk
mengulangi bacaan, 3). Guru mengajak anak bermain dan membacakan kandungan ayat dengan bercerita, 4).
Anak-anak melakukan tes hafalan maju ke depan dan pemberian reward.
Kata kunci: daya ingat, metode one day one ayat
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.