PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DISERTAI BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK

Shofiyyah Salma,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok B melalui kegiatan bercerita yang disertai boneka tangan di TK KKLKMD Sidomaju, Bambanglipuro, Bantul. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart dan dilakukan dalam dua Siklus. Masing-masing Siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B di TK KKLKMD Sidomaju Bantul yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita yang disertai dengan boneka tangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan panduan instrumen. Hasil yang didapatkan adalah kemampuan berbicara anak Kelompok B dapat meningkat dengan menggunakan kegiatan bercerita yang disertai dengan  media boneka tangan. Mulai dari Pratindakan kemampuan berbicara anak mendapat hasil cukup (41,66%). Meningkat pada Siklus I menjadi tinggi  (61,18%). Pada Siklus II  kemampuan berbicara anak semakin meningkat menjadi sangat tinggi ( 84,31%).

 

Kata kunci: kemampuan berbicara, bercerita, boneka tangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.